Saturday, March 28, 2015

Modding on Android

My Laptop and Android Smartphone

Malam semua! lho koq malam? bukannya sapaan pada umumnya "selamat pagi" agar setiap orang semangat? hihi, ya.. itu benar tapi berhubung saya membuat postingan ini pada malam hari ya apa boleh buat saya mengucapkan selamat malam deh jadinya sesuai kondisi, udah pada tidur belum nih? hehe. Yak postingan kali ini saya ingin menyampaikan sedikit unek-unek saya di blog tentang GTA SA Android.

Sebelumnya saya sudah membuat beberapa mod untuk GTA SA versi PC, yaa walaupun sedikit cuman 14 doang semoga kamu suka dengan mod buatan saya. Di lain itu sewaktu saya melakukan perjalanan (etdah kaya mau kemana aja) dalam setengah pembuatan 14 mod yang saya buat, pihak Rockstar game pembuat game GTA SA telah mengumumkan bahwa mereka sudah merilis GTA SA versi Android, saya kaget dengan berita tersebut lalu saya cari kevalidan berita tersebut apakah benar atau hoax dan ternyata memang benar adanya. Setelah mengetahui kabar tersebut dalam benak saya, wah.. pasti bakal lebih enjoy n fun lagi nih kalo bisa main GTA SA di Android, karena game tersebut akan bisa dibawa kemana-mana hanya bermodal smartphone android. Yaa mungkin saja nanti ketika kita sedang berpergian atau di jalan dan sedang kesal kita bisa berhenti sejenak dan memainkan game GTA SA lalu kita meluapkan emosi kita dengan memukul orang-orang, menabrak dengan mobil atau pun menembak orang sampai mati...! hahaha...! dan kita puas! hahaha.. ada perasaaan lega di sana :D mungkin kalian juga akan seperti itu jika kamu punya game GTA SA di android.

Pada waktu perilisan GTA SA Android saya tidak mempunyai yang namanya smartphone (android) karena pada waktu itu smartphone android is expensive for me dalam kata lain mahal sekali saudara-saudara :p maka saya waktu itu hanya ngiler ngeliat game kesayangan saya akan bisa dimainkan di android dan saya hanya bisa membayangkan "kapppaaaaan ya saya punya smartphone android??" hahaha... (ga nyangka ya saya orangnya kismin) maklum saya hanya rakyat kecil bukan seperti pejabat negara yang mayoritas korup dan bisa membeli apa saja layaknya kaum borjuis cuih! semoga mereka sadar dari perbuatan mereka yang penuh dosa yang bisa menyeret mereka ke neraka!

Huhu.. hmmm.. udah paragraf keberapa nih? waduh ke-4 ya, 3 paragraf hanya untuk basa-basi ga jelas.. hehe namanya juga unek-unek.

Ehm.. sejak dari itu (mengkhayal punya android ckakaka :D) saya berusaha untuk mempunyai smartphone agar saya bisa mencoba testing game GTA SA di android. Untungnya pada akhir tahun 2014, saya dapat rezeki untuk mendapatkan sebuah smartphone android, ya untuk speknya sih lumayan dengan proccessor Quad Core dan RAM 512mb (yang saya liat infonya di google dengan spek tersebut) bisa lah buat jalanin game GTA SA.

Setelah dapat smartphonenya, saya langsung coba tuh smartphone untuk GTA SA. Saya download dulu file instalernya GTA SA Android sebesar 2GB, setelah download selesai saya instal dan saya buka... Eng..Ing..Eng oh ternyata.. bisa! haha..eits tunggu dulu walau pun bisa tapi agak sedikit nglag saat main di beberapa daerah dalam map GTA SA. Mungkin itu karena RAM android saya kecil cuman 512mb saja.

Naaah.. dari situ lah saya mulai ada minat untuk modding GTA SA Android. Saya mencari cara basicnya bagaimana cara modding GTA SA android, ternyata cukup mudah juga, gak beda jauh sama versi PC. Tapi setelah saya menyelam lebih dalam tentang modding GTA SA android, saya menemukan info bahwa untuk GTA SA android yang akan dimodif gamenya, smartphone tersebut harus lah sudah rooted, jika belum rooted tidak akan bisa dimodif. Jlegeeeeeerrrr...!! bak petir di siang bolong.. alamak harus diroot, bagaimana ini karena smartphone saya masih terbilang masih baru dan masih dalam masa garansi 1 tahun, karena saya tau kalau sebuah smartphone diroot maka garansinya akan hilang dan saya jelas tidak mau itu terjadi, mengorbankan garansi sebuah produk yang mungkin nilainya bisa ratusan ribu hanya ditukar untuk rooting dan modding sebuah game di android yang belum tentu bisa karena mungkin saja nanti dalam proses rootingnya gagal dan android saya jadi brick/rusak dikarenakan percobaan rooting. Iya aja kalo bisa dibenerin dalam masa garansi gara-gara percobaan rooting gak ketauan, lah kalo ketaun rusaknya gara-gara percobaan rooting kan jadi gak digaransi lagi (garansi hilang dan perbaikan smartphone dikenakan biaya).

Dari pengetahuan itu saya memutuskan bertahan dulu untuk melakukan modding GTA SA android walaupun saya sudah punya smartphone android dan bisa menjalankan game GTA SA versi android. Padahal saya ingin sekali untuk modding di android karena memainkan GTA SA di android sepertinya lebih asik dan mudah bisa dibawa kemana-mana. Mungkin nanti ketika masa garansi smartphone android saya sudah habis dan minat modding saya masih ada, saya akan mencoba melakukannya yang dengan langkah pertama seperti smartphone harus diroot dulu dan setelahnya jika berhasil saya bebas modding di android. :)


Update: 29/03/2015

Baru kemarin saya membuat postingan ini yang menjelaskan paragraf sebelumnya di atas bahwa saya akan menunda dulu untuk modding di android, eh malah sekarang saya sudah mulai modding di android karena setelah saya membuat pernyataan menunda tersebut saya malah tambah gak sabaran dan penasaran ingin modding di android secepatnya haha. Dari rasa gak sabar dan penasaran itulah saya langsung nekat memutuskan rooting smartphone android dengan keberanian dan tekad sama resiko jika gagal haha.. dan hasilnya? saya sukses rooting tanpa masalah. :)

Begitu smartphone saya berhasil diroot, saya langsung melakukan test modding di android. Berbekal pengetahuan yang cukup dan beberapa software, saya mencoba membuat mod skin untuk GTA SA android. Mod skin pertama yang saya buat untuk GTA SA Android adalah skin Indonesian Jilbab Girl School yang sebelumnya telah saya buat untuk versi PC sebagai test mod skin di android. Berikut ini adalah screenshoot hasil test modding skin GTA SA Android di smartphone saya.




Butuh utak-atik sedikit untuk porting sebuah mod skin ke GTA SA android. Tapi kalau sebuah mod terlalu complex mungkin sedikit susah atau belum bisa diport. Untuk kedepan mod ini belum saya rilis karena masih dalam testing, kalau sudah selesai rencananya saya akan merilisnya dan saya akan berusaha yang saya bisa untuk memporting semua mod yang saya buat sebelumnya dari versi PC ke versi Android. Ok deh sampai di sini dulu karena saya akan mulai memporting mod saya ke Android dalam minggu-minggu kedepan jika tidak terkendala masalah dan waktu, jadi rajin-rajin ya mengunjungi blog ini untuk mengetahui jika ada mod-mod yang baru. :)

No comments:

Post a Comment