Saturday, March 14, 2015

Quick Change Player With Hotkeys

Sekedar mengisi blog dengan postingan, kali ini saya ingin memberikan cara bagaimana mengganti player CJ menjadi player/skin yang kita inginkan dengan cepat dalam sedetik menggunakan hotkeys. Mari kita langsung saja mengetahui bagaimana caranya;

1. Pertama download dulu skrip cleo personal skin changer by silent

Sebelum mengcopy skrip cleonya ke folder cleo GTA SA, kamu harus mengedit sebuah file (skinchange.ini) terlebih dahulu untuk menyesuaikan berapa skin yang kamu ingin pakai di game.

2. Ekstrak dan buka file skinchange.ini pakai notepad, lihat bagian baris kedua di sana tertera text Number of installed personal skins: "0". Ganti lah angka 0 menjadi (misal 5) batas limit penggunaan/urutan skin yang akan kamu pakai nanti. Batas maksimal adalah 35.

Setelah kamu mengeditnya, kamu bisa mengcopy file skinchange.cs dan skinchange.ini ke dalam folder cleo. Tapi ingat jika lain kali kamu ingin menambahkan skin yang ada di game kamu harus mengedit lagi file skinchange.ini yang sudah terletak di folder cleo jika jumlah skin yang kamu pakai melebihi batas yang sudah kamu tetapkan di file skinchange.ini.

3. Ubah nama file mod skin baik model (dff) dan teksturnya (txd) yang kamu ingin masukkan ke dalam game menjadi persnXX.dff dan persnXX.txd. XX adalah angka urutan skin dari 1 sampai 35, contoh persn1.dff dan persn1.txd.

Dalam memakai skrip personal skin changer ada ketentuan yang harus ditetapkan dalam penamaan file mod skin, angka 1 setelah persn bukan menunjukan jumlah skin yang dipakai tapi itu adalah urutan skin pertama yang kamu pakai. Sebagai contoh, ketika kamu sudah main di game dan ingin mengganti player dengan skin urutan pertama, kamu tinggal menekan tombol PgDwn + 1 atau dengan urutan ke-10 dengan menekan tombol PgDwn + A maka player akan berganti dengan skin yang kamu inginkan. Kamu bisa memasukkan skin yang kamu punya ke dalam game sebanyak maksimal 35 skin. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan tabel berikut ini;

Klik gambar untuk memperbesar

- persn1 sampai persn9 mewakili tombol PgDwn + 1 sampai PgDwn + 9
- persn10 sampai persn35 mewakili tombol PgDwn + A sampai PgDwn + Z

Jika sudah mengerti kamu bisa memasang sejumlah skin yang kamu suka sekarang tapi ingat maksimal adalah 35 skin dan jangan lupa edit file skinchange.ini jika jumlah skin yang kamu pakai melebihi batas yang sudah kamu tetapkan di file skinchange.ini. Untuk kembali ke player CJ kamu bisa menekan tombol PgDwn + 0.

Catatan:
- Disarankan memasang skin dengan berurutan.
- Jangan menekan tombol hotkey skin yang tidak terpasang skinnya karena hal itu akan membuat permainanmu berhenti (crash).

Update: 08/12/2015

Sekarang kamu bisa mengganti skin CJ dan memakai skin yang kamu punya/suka tanpa menekan tombol apapun, hanya dengan memulai/load game GTA SA, kamu sudah langsung memainkan skin yang kamu punya/suka. Untuk caranya silakan menuju postingan mod It's Me.

No comments:

Post a Comment